Monday 1 February 2016

Obat Luka Sang Petualang

Bertualang siapa yang tidak suka hal yang satu itu, bagi anda yang berjiwa petualang tentunya sebelum bebergian pasti mempersiapkan segala sesuatunya bukan. Entah itu bekal makanan, uang pakaian dan yang terpenting adalah obat obatan. Lalu bagai mana dengan yang tidak membawa salah satu dari itu? misalkan saja obat obatan, di dalam perjalanan munkin sesuatu yang tidak di inginkan terjadi sebut saja terluka atau terjatuh, pasti kulit tergores dan pedih bukan.

Jika sesuatu terjadi maka dari itu kita bisa memanfaatkan alam sekitar kita. Sebagai alternatif jika kita lupa atau tertinggal perlenggkapan obat obatan atau mungkin tidak membawanya kita bisa mencari apa yang ada di alam.Semisal kita naik gunung atau entah kemana dan mungkin sedang mengalami musibah terjatuh atau tergores kulit kita, kita bisa menggunakan daun petai cina atau dalam istilah jawa disebut lamtoro.

Lalu bagaimana ciri ciri daun petai cina tersebut? kebayaakan dari kita mungkin salh mengira antara perbedaan daun petai cina, pohon sengon, dan pohon petai biasa.Nah disini akan saya tunjukan perbedaanya terlebih dahulu agar kita tidak salah memilihnya.

1. Daun petai cina cenderung kecil kecil bentuk dan warnaya sama dengan yang tersebnut di atas dengan gambaran sebai berikut.  cenderung kecil kecil dan bentuknya sedemikan rupa.Dan memiliki buah seperti pada gambar tersebut.



2. Daun petai biasa cenderung lebih besar dan lebih tebal.. sebenarnya petai cina dan petai merupakan satu spesies tanaman tapi berbeda jenisnya nah bentuk daun petai biasa seperti ini.




3. Daun sengon hampir mirip dengan daun petai biasa. tapi lebih cerah dibanding daun petai dan daunyapun lebih lembut di banding petai biasa.Perbedaan antara petai dan sengon sangat jelas kentara pada warna kulit pohonya. Pohon petai warnanya gelap dan kasar sedangkan sengon kebalikanya warna cerah putih dan halus. Dan untuk daun begini bentuk dan ciri cirinya.



Dan saat kita mengalami sesuatu kecelakan yang tidak terduga dan di sangka sangka saat kita di alam.
Mungkin kaki kita tangan kita yang terluka maka dengan daun petai cina tersebut akan mudah kering dan menghilangkan rasa perih di kulit. Lalu bagaimana cara penggunaanya? mudah saja begini, anda ambil daun petei cina secukupnya lalu kunyah sampai halus lalu balurkan ke kulit yang terluka. jangan lupa bersihkan luka kulit terlebih dahulu menggunakan air putih.Setelah itu bisa di perban kalau ada atau mungkin di tutup pakai kain.

Dengan cara demikian luka akan cepet kering serta menghilangkan rasa perih lukanya.mudah bukan? nah itu sedikit pengetahuan alam agar kita bisa memanfaatkan alam sekitar kita untuk kebutuhan kita. Semoga bisa membantu dan berguna bagi kita semuanya. sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment