Tuesday 2 February 2016

Manfaat Daun Salam


Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda daun yang satu ini. Yap daun dari pohon salam yang tumbuh di sekitar kita dan banyak kita jumpai di kebun, sungai dan bahkan di hutan. Bisa di bilang pohon salam ini bermanfaat semuanya mulai dari akar pohon daun bunga sampai dengan buah. Jangan di tanya lagi kalau buah, bagi anak anak pedesaan uda sangat mengenal dan sering merasakan buah dari pohon salam tersebut.Meski kecil akan tetapi rasanya manis dan sangat menggoda lidah kita.Selain dimakan bisa juga di jadikan sebagai peluru pada mainan tembak tembakan . Dahulupun saya juga sering mencari buah salam sampai di pinggiran sungai.(Pengalaman pribadi).



Nah disini akan saya ceritakan sedikit cerita yang saya alami dan saya saksikan dengan mata kepala saya sendiri. Mengenai khasiat daun salam ini. Dulu ada tetangga saya yang terkena stroke dan jatuh pada saat di sawah. Sehingga kami berduyun duyun membopongnya dan di bawa pulang kerumah Alhasil sampai di rumah apa yang terjadi tubuhnya mati separuh. Sudah tidak bisa digerakan apalagi untuk berjalan duduk saja pun sudah tidak mampu.Semua orang jadi panik.

Lalu salah satu dari kami minta saran dari seorang tabib., pada saat di cek dia bialng lambat sedikit saja sudah tidak bisa disembuhkan katanya. Lalu dokter herbal itu menyuruh untuk merebuskan 7 lembar daun salam tersebut dengan 3 gelas air putih lalu sisakan tinggal 1 gelas lalu diminumkan kepada tetangga saya tersebut. Allohuakbar yang separuh dari tubuhnya tidak bisa di gerakan yang rasanya sudah dingin tiba tiba bisa hangat dan sedikit demi sedikit bisa bergerak.Dan itu rutin diminumkan 3 kali sehari. Alhamdulilah 3 hr kemudian tetngga saya tersebut bisa duduk meski belum bisa berdiri.

Setelah 1 minggu lebih Alhamdulilah sudah bisa berjalan.Kuasa Ilahi. Nah dari fakta yang saya alami itu saya berani membagikan informasi kepada anda.salah satu khasiat dari daun salam tersebut. Selain Sebagai pengobatan pada penderita stroke manfaat daun salam antara lain sebagi beriukut:



1. Sebagai penyedap masakan

Daun yang satu ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi sebagai penyedap dan pengharum pada masakan .Para ibu ibu sudah paham akan hal ini tentunya.Dengan cara menambahkan beberapa lembar pada masakan kita maka akan terasa sedap dan harum.

2. Bisa meringankan bagi penderita asam urat

Caranya rebus 7 lembar daun salam dengan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas diminum secara rutin asam urat akan berkurang.

3. Bisa sebagai pemutih gigi



Caranya dengan keringkan daun salam tersebut lalu tumbuk sampai halus lalu ampurkan dengan air sampai berwujud menyerupai pasta lalu gunakan untuk menggosak gigi. maka gigi akan putih alami.

4. Sebagai obat penurun hipertensi

Seperti yang sudah saya jelaskan pada cerita singkat saya di atas tentang manfaat daun salam untuk hipertensi ( sampai stroke )

5. Bisa mengobati kencing manis

Caranya dengan merebus daun salam tersebut lalu diminum sebelum makan rutin 3 kali sehari agar kasiat daun salam bisa maksimal diserap oleh tubuh.

6. Bisa mengobati sakit diare

Cari daun salam yang segar secukupnya lalu rebuskan dengan air lalu ditambahkan sedikit garam lalu diminumkan kepada penderita. Maka dengan demikian diare akan teratasi.

7. Sebagai pengobat maag

Rebusalah 15-20 lembar daun salam dengan air kurang lebih 1/2 liter kemudian tambahkan gula aren secukupnya. Lalu minum 3 kali sehari hingga maag benar benar sembuh.

Nah itu sedikit informasi yang dapat saya berikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Saya ucapkan terima kasih.



No comments:

Post a Comment