Thursday 4 February 2016

Manfaat Cincau Bagi Kesehatan



Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kegunaan dan manfaat cincau kita harus terlebuh dahulu macam macam tumbuhan penghasil cincau. Daun cincau sendiri yang kita tahu ada 4 jenis yang ada di indonesia.Apakas saja itu? mari kita bahas satu persatu.

1. Cincau Hitam


Tumbuhan dengan ciri batang kecil ramping.Daun mirip dengan daun min daun berbentuk lonjong dan lancip. Percabangan tumbuh di ujung. Ada juga yang menjulur ke tanah. Memiliki bunga mirip dengan bunga kemangi akan tetapi bewrwarna ke ungu unguan.Getah yang dihasilkan untuk pembuatan cincau berasal dari daun dan batangnya. Warna yang dihasilkan berwarna hitam. Maka di sebut cincau hitam.



2. Cincau Hijau


Ciri dari tumbuhan ini ialah tumbuh menjalar, bisa sampai 6 meter. Bisa memiliki batang hingga berdiameter 10 cm. Memiliki warna batang yang coklat keputihan. serta daun yang berwarna hijau pekat, dan bentuk daun yang lonjong agak besar. Cenderung tebal dan kaku. Cincau hijau ini yang sering kita jumpai di sekitar kita.Rasa cincau yang di hasilkan dari jenis ini cenderung pahit.



3. Cincau Perdu


Dari jenis ini memilki ciri daun yang mirip dengan cincau hijau namun warnanya cenderung agak cerah. Memiliki batang yang tumbubuh tegak, memiliki tangkai yang memanjang serta memiliki buah berbentuk bulat.Cincau yang dihasilkan dari jenis ini cenderung langu dan tidak disukai oleh konsumen untuk di konsumsi.


4. Cincau Berbulu


Dari jenis ini memiliki ciri bentuk daun yang mirip dengan daun sirih akan tetapi lebih lentur. Dan yang paling mencolok dari jenis ini ialah daunya memiliki bulu bulu halus. Batang menjalar seperti pohon anggur. Dan cincau yang dihasilkan dari jenis ini sangat enak dan paling di sukai untuk di konsumsi.


Nah setelah kita tahu jenis jenis serta ciri ciri dari tumbuhan penghasil cincau mari selanjutnya kita bahas apa saja manfaat dan kegunaan cincau itui. Antara lain sebagai berikut:

a. Mengatasi radang lambung
Kandungan senyawa dan mineral yang dikandung dalam cincau ini akan menetralkan dan asam lambung sehingga mempercepat proses penyembuhan lambung.
b. Bisa mengobati sakit demam
c. Bisa mengobati sakit tipus
d. Sebagai obat hipertensi
e. Mengatasi diare
f.  Mematikan sel kanker
g. Mematikan sel tumor
h. Obat dari diabetes melitus
Kandungan zat dan senyawa dari dau cincau ini yang tidak aa gulanya sangat baik untuk penderita diabetes
i. Sebagai obat obat anti inflamasi
Kandungan korofil atau zat hijau daun yang dikandung dari daun cincau ini sangat banyak sehingga sangat berguna untuk meeredakan peradangan akibat kuman dan bakteri pada bagian tertentu.
j. Bisa dijadikan bermacam macam minuman khas.Seperti kolak,dl

Sebagian besar dari kita dalam pengolahanya di jadikan cincau agar bisa dimakan. Bagi penderita penyakit dalam bisa juga diminum hasil rebusan dari daun cincau ini.
Semoga ulasan diatas memberikan pengetahuan bagi kita yang membutuhkan.   

No comments:

Post a Comment