Monday 1 February 2016

Biji Kemangi Apa Gunanya !

Pasti tentunya anda sudah mengenal dan mengerti tentang kemangi bukan, tanaman yang mempunyai daun dengan bau khasnya tersebut sudah tidak asing lagi telinga kita. Baik untuk lalapan maupun pengobatan. Disini yang akan saya bicarakan mengenai biji kemangi atau yang lebih terkenal dengan nama biji selasih.yang mungkin kebanyakan dari anda kurang memperhatikan apa sih sebenarnya kegunaanya, apakah cuma buat pembibitan saja? tentu saja tidak.



Jangan salah biji kemangi selain di ambil untuk pembibitan banyak khasiat dan manfaatnya . Di antaranya sebagai berikut:

1. Bisa dijadikan bahan pembuatan kolak

Lho ko bisa bukan kah biji kemangi it sangat kecil? iya memang bener biji kemangi itu sangat kecil aka tetapi bisa berguna. Lalu bagai mana cara membuat kolak dari biji kemangi tersebut? begini caranya:

Langkah pertama ialah siapkan biji kemangi kering satu gelas atau satu mangkuk,ya mungkin anda malas  karena ukuranya, akan tetapi cobalah maka anda akan mengerti hasil yang sesungguhnya, kalau kita cuma menggunakan biji kemangi atu sendok ya tidak jadi nanti kolaknya .Setelah itu di cuci  bersih biji kemanginya lalu tiriskan.

Langkah yang kedua sama seperti membuat kolak pada umumnya kita rebus santan bersamaan dengan daun pandan wangi lalu ditambahkan gula merah lalu di aduk merata. Setelah santan kelapa tersebut mendidih segera masukan biji kemangi tersebut, tunggu hingga  beberapa saat lalu angkat. Coba anda rasakan kenikmatan kolak biji kemangi tersebut.Mudah bukan?

Atau mungkin anda bisa juga mengolah seperti ,membuat dawetatu bisa juga di sebut cendol. caranya rebus sebentar biji kemangi lalu tiriskan. Setelah iti ambil secukupnya terus tambahkan santan kelapa dan cairan gula merah aduk rata dan langsung bisa di santap. Mudah bukan


2. Bisa membantu proses pencernaan

Seperti mengatasi kembung , sembelit, BAB kurang lancar dan gangguan perut lainnya. caranya dengan masak biji kemangi secukupnya lalu bisa di tambahkan madu 2 sendok lalu sajikan hangat, diminum 2 kali sehari maka masalah pencernaan bisa teratasi.

3. Bisa meringankan gangguan pernafasan

Caranya dengan campur biji kemangi dengan jahe secukupnya lalu ditambahkan madu dan rebus dengan segelas air. Ambil sarinya lalu di minum selagi hangat.

4. Sebagai obat sakit gigi

Caranya dengan ambil 20g biji kemangi lalu campur dengan 4 butir cengkeh lalu direbus dengan segelas air lalu diminum selagi hangat.Dengan cara tersebut bisa menghilangkan sakit gigi.

5. Bisa di buat minuman sari biji kemangi ( selasih )

Bisa meredakan panas dalam apabila kita sering meminum minuman dari biji selasih tersebut.



Begitu sedikit informasi dan kegunaan biji kemangi. Obat herbal akan terlihat khasiatnya asal kita tidak berlebihan dalam penggunaanya. Bertanyalah kepada ahlinya . Semog bermanfaat.


No comments:

Post a Comment