Tuesday 2 February 2016

Rasa Pahit Tetapi Bermanfaat

Ngomong ngomong rasa pahit begitu banyak makanan maupun minuman yang rasanya pahit maupun sangat pahit. Nah pada kesempatan ini akan saya bahas adalah manfaat dan kegunaan dari buah pare. Buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini sangat di gemari baik untuk sayur, maupun bisa juga di olah menjadi juice. Pare sendiri terdiri dari beberapa macam jenis dan warna. Di antaranya adalah pare gajih, pare hijau dan pare ular.Untuk lebih lanjut mengenai pare bisa dilihat pada situs Pare

1. Pare Gajih

 
Adalah jenis pare yang banyak disukai dan sring di budidayakan untuk di konsumsi. Karena sangat mudah dan dari segi rasanya juga enak dagingnyapun sangat tebal dibanding pare yang lainya.



2. Pare Hijau


Warnanya hijau dan berbintik bintik memiliki rasa yang sangat pahit,daging tipis dan berukuran sedang. Jenis pare ini sangat mudah dalam penanamnya meski tidak di kasih lanjaran atau tiang penyangga pare ini bisa tumbuh dan berbuah dengan baik.



3. Pare Ular


Buah yang bentuknya bulat dan panjang melengkung serta berwarna belang belang bisa mencapai panjang higga 60cm,jenis pare ini rasanya tidak begitu pahit.






Nah setelah kita mengetahui jenis jenis pare mari kita bahas tentang apa manfaat dan kegunaan dari pare tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

1. Bisa sebagai pengobatan penderita diabetes


Dengan zat yang terkandung di dalam pare bisa menurunkan kadar gula di dalam darah. Dengan cara mengkonsumsi baik secara langsung maupun di buat masakan tertentu. Terbukti tidak ada efek samping bagi pencernaan kita. Bisa juga di jadikan kapsul  pare yang sudah di olah di pabrik farmasi. Sehingga kita mudah mendapatya.





 2. Bisa digunakan sebagai hidangan sehari hari


Tentunya pare yang mempunyai rasa yang pahit demikian masih bisa di olah untuk hidangan makan setiap hari. Dan jenis pare yang banyak disukai adalah jenis pare gajih. karena rasa dan daginya yang tebal. Cara pengolahanya tergantung kita mau di buat sayur apa. Tumis bisa sup bisa sesui dengan selera kita.



3. Bisa digunakan sebagai minuman


Mungkin di Indonesia masih asing ditelinga kita tentang minuman sari pare akan tetapi di sejumlah negara sari pare sangat di gemari di antaranya di negara jepang.



Demikian sedikit manfaat dari buah pare, jangan karena rasa kita lupa akan manfaatnya. Jangan pernah menyerah untuk mencoba hal hal yang baru. Sekian dan terima kasih.


No comments:

Post a Comment