Saturday 6 February 2016

Tanaman Krokot Apa Saja Manfaatnya





Mungkin terdengar aneh bukan, apa sih krokot itu? bagi yang belum pernah mendengarnya pastilah aneh dan bertanya tanya apa sebenarnya krokot itu. Krokot adalah tanaman yang tumbuh subur di ladang dan sawah. Mungkin anda masih bingung tumbuhan yang mana dan bagai mana sih bentuknya. Krokot adalah tanaman reumputan yang biasanya banyak tumbuh di bawah tanaman palawija.Nah bagi anda yang masih bingung di bawah ini akan saya berikan ciri ciri dan gambaran bentuknya.

Untuk ciri cirinya tanaman krokot memiliki batang yang kecil dan bukan berkayu melainkan batang yang memiliki banyak kandungan air di dalamnya dan kebanyakan berwarna merah tapi ada juga yang berwarna hijau. Tumbuhan ini paling tinggi cuma bisa mencapai 20 cm saja. Krokot sendiri tumbuh bukan ke atas melainkan tumbuh menyamping. Krokot biasanya memiliki cabang cabang yang banyak dalam satun tanaman. Sedangkan daun yang di miliki oleh krokot sendiri berbentuk bulat bulat kecil lonjong yang memiliki banyak sekali kandungan air di dalamnya. Jenis warna dari krokot sendiri beragam ada yang  merah,hujau,dan hijau kekuning kuningan.Memiliki bunga kebanyakan berwarna kuning yang tumbuh di ujung batang.Untuk lebih lanjut bisa di lihat pada gambar di bawah ini.






Nah setelah mengetahui bentuk,warna dan dimana tanaman krokot tumbuh lalu apa saja sebenarnya manfaat dan kegunaan daeri krokot ini? .Mari kita bahas bersama sama, tanaman krokot merupakan tanaman yang menurut penelitian melalui laboratorium mengandung senyawa omega 3, vitamin B komplek, asam alfa linoleat, vitamin C, dan memiliki kandungan vitamin A tertinggi di banding sayuran hijau lainya. Yang tentunya kandungannya sangat lah bermanfaat bagi tubuh anda bukan.

Dengan rahasia di dalam krokot tersebut antara lain bisa digunakan sebagai pengobatan berbagai macam jenis penyakit di antaranya :

1. Sebagai obat herbal bagi penderita tifus dan usus buntu
2. Bermanfaat sebagai nutrisi untuk kesehatan mata
3. Sebagai obat untuk melancarkan air seni
4. Bisa sebagai obat turun panas.
5. Sebagai penawar dari gigitan serangga terutama lipan
6. Bermanfaat untuk mengobati sakit kuning
7. Bisa mengobati penyakit ambeen atau biasa di sebut wasir
8. Menghilangkan rasa pegal pegal dan linu linu di badan
9. Sebagai anti oksidan yang baik untuk tubuh kita
10. Bisa memperlancar peredaran darah
11. Sebagai obat untuk pencegah penyakit jantung
12. Mengobati peradangan.
13. Bisa di gunakan untuk mengobati bisul
14. Sebagai pencegah penyakit paru paru dll

Cara mengkonsumsi krokot sangatlah mudah karena tanaman ini tidak terlalu besar dan cenderng lembut jadi kita bisa dengan mudah mengolahnya. Untuk sebagai pengobatan dalam kita bisa mengambil segenggam daun dan batang dari krokot  lalu cuci bersih setelah itu rebuslah dengan air sebanyak 3 gelas,setelah itu sisakan menjadi satu gelas. Bisa di minum teratur 3 kali sehari. Untuk obat luar sendiri bisa langsung kita petik daun krokot lalu remat remat sampai hancur kemudian balurkan pada luka.

Selain sebagai pengobatan krokot tentunya masih banyak sekali manfaat dan kegunaanya, antara lain bisa di gunakan sebagai pakan hewan ternak kita, baik sapi maupun kambing kita. Bisa juga yang mungkin dulunya pernah bermain adu jangkrik nah krokot inilah salah satu makanan favorit jangkrik tersebut.

Dengan catatan wanita hamil di larang meminum hasil rebusan daun krokot ini dan  konsultasi lah kepada yang ahli di bidang herbal.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kritik dan saran akan kami terima dengan senang hati
saya ucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment