Sunday 7 February 2016

Olahan Sehat Dari Biji Nangka





Mungkin banyak di antara kita yang menganggap bahwa yang bisa kita ambil dari buah nangka adalah daging buahnya saja. Padahal biji dari buah nangka tersebut bisa di olah menjadi bermacam macam makanan yang enak dan lezat tentunya.Mengenai kandungan gizi yang terdapat pada biji nangka adalah protein, karbohidrat,lemak, kalsium,fosfor,zat besi,dan vitamin B1. Kandungan gizi yang terdapat pada biji nangka jauh lebih banyak di banding pada daging buah nangkanya sendiri.Yang tentunya kandungan gizi tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Di desa biji nangka banyak sekali di manfaatkan sebagai camilan disaaat senggang.Di desa sebutan untuk biji nangka ini adalah Beton ( Pada Masyarakat Jawa ) Lantas bagai mana masyarakat desa menikmati biji nangka tersebut? Banyak di antara mereka cukup dengan hanya mencuci biji nangka kemudian di rebus sampai matang. Cara memakanya cukup dengan mengupas kulit dari biji nangka tersebut dan langsung dinikmati

Mungkin bagi masyarakat awam biji nangka cuma bisa di olah dengan cara direbus saja.Maka dari itu saya  ingin berbagi informasi diolah menjadi apa saja dan apa saja kegunaan dari biji nangka tersebut.Kita bisa mengolah dan memanfaatkan biji nangka tersebut diantaranya :



1. Bisa digunakan sebagai pengganti kentang untuk membuat perkedel

 

Kita sudah paham dan tahu bahwa makanan yang satu ini sangat di gemari untuk di jadikan lauk pauk saat bersantap makan. Mungkin kebanyakan dari anda hanya mengetahui bahwa perkedel hanya bisa di buat menggunakan kentang saja. Dengan alternatif menggunakan biji nangka tersebut bisa di gunakan membuat perkedel. Lalu bagai mana cara pengolahannya sehingga bisa di buat perkedel? Lankah pertama kita tinggal merebuas sampai matang biji nangka tersebut setelah dingin kupas kulitnya, setelah itu kita bisa menghaluskan biji nangka tanpa kulit tadi.Sampai menjadi adonan layaknya kentang yang sudah digiling.Setelah itu langkah selanjutnya sama seperti membuat perkedel biasa. Mudah bukan?

2. Bisa digunakan sebagai bahan pengganti kentang dalam pembuatan sambal goreng


Pastilah kita  mengetahui masakan yang satu ini bukan? Sambal goreng yang biasanya berbahankan munkin tempe, tahu,kentang dll tersebut? nah sebagai bahan pengganti kentang tersebuit kita bisa menggunakan yang namanya biji nangka tersebut.

3. Bisa juga sebagai pelengkap masakan sup


Masakan sup yang sering kita buat biasanya pasti berisikan wortel,kentang,kubis,brokoli dll bukan? nah biji nangka tersebut bisa juga di tambahkan kedalamnya , tentunya dengan memasakdan mengupasnya terlebih dahulu kemudian di ptong potong sesuai selera kita.

4. Bisa di gunakan sebagai campuran masakan kita


Kita bisa menambah kan biji nangka tersebut kedalam masakan kita, semisal masakan sayur kacang panjang,dll sehingga bisa menambah kenikmatan rasanya.

5. Bisa di tambahkan kedalam masakan tumis kita 


Masakan tumis pastilah sangat di gemari dimanapun itu. Untuk olahan yang satu ini beragam bahan bahan yang di gunakan di dalamnya. Dan tidak lah salah anda mencoba menggunakan biji nangka tersebut kedalam masakan tumisan anda. Baik tumisan daging maupun bukan biji nangka bisa juga ditambahkan kedalamnya.

6. Sebagai makanan diet pengganti nasi 


 Dengan kandungan protein dan karbohidrat yang tidak berlebih maka olahan biji nangka ini bisa juga anda gunakan sebagai alternatif pengganti  nasi bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Karena komosisinya sangat pas untuk tubuh kita.

7. Bisa di olah menjadi keripik 


Dengan cara mengambil daging dari biji nangka yang sudah di rebus tersebut kemudian di haluskan dengan ditambahkan sedikit tepung dan bumbu bisa di buat adonan sebagai bahn baku pembuatan kripik.

Dan selain di atas tersebut masih banyak lagi masakan dan olahan yang berbahan baku biji nangka tersebut. Sekiranya itu informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua. Teriama kasih.

No comments:

Post a Comment