Friday 5 February 2016

Manfaat Daun Sambiloto



Kita mungkin pernah mendengar nama tumbuhan yang satu ini, iya sambiloto terdengar seperti nama pemberian dari orang desa. Iya betul sekali , sebenarnya nama sambiloto itu sendiri adalah sebutan untuk tanaman ini di daerah tertentu. Nama sambiloto di gunakan anatara lain di Jawa tengah, Jawa timur dan Yogyakarta. Sedangkan untuk daerah yang lain derbeda beda. Di Sunda tanaman ini biasa disebut dengan ki oray, untuk Jawa barat di namakan ampadu tanah, di Madura sering kali disebut pepaitan.dll. Konon katanya tidak ada tumbuhan lain yang rasanya yang bisa mengalahkan kepaitan dari daun sambiloto ini. Bagi yang belum pernah mencobanya silahkan bandingkan sendiri dengan tanaman yang lainya.Mungkin tingkat kepahitan dari daun ini adalah tingkat dewa.

Tumbuhan dengan tinggi maksimal 90 cm ini sering kali kita jumpai di sekitar kita. Baik di pekarangan rumah maupun di kebun. Nampak juga di sawah dan di lereng lereng pegunungan. Ciri dari tumbuhan sambiloto ini sangatlah mudah untuk dikenali. Memiliki batang yang tidak terlalu besar dalam satu tangkai biasanya terdiri dari beberapa cabang batang . Batang berwarna hijau dari pangkal sampai ujung batang. Memiliki daun yang tipis berbentuk lancip,dan memiliki warna hijau terang. Pada bagian bunga berwarna putih keungu unguan, yang tumbuh di pangkal batang daun. Semua bagian dari sambiloto sendiri  bermanfaat semuanya baik dari akar, batang daun hingga bunga.

Lalu apa saja sih sebenarnya manfaat dan kegunaan dari tumbuhan yang satu ini, mari kita bahas satu persatu.

1. Bisa mengobati bagi penderita tifus

zat yang terkandung di dalam daun ini sangatlah bagus untuk penyakit yangsatu ini. rasa pahit yang kita tahu itu merupakan penawar sekaligus mematikan bakteri penyebab tifus tadi. Sehingga peroses penyembuhan akan seemakin cepat.

2. Sebagai obat bagi penderita diabetes

Kita pasti sudah sering mendengar untuk penyakit yang satu ini. iya penyakit yang menyebabkan gula darah kita berlebih sehingga menyebabkan komplikasi pada organ organ yang lain pada tubuh kita. Sudah tentu kandungan zat pahit atau yang bisa disebut dengan zat etanolik itu sangat berlawanan bagi penderita tersebut sehingga menyebabkan penurunan pada gula darah.

3. Mengatasi gatal gatal

Rasa gatal sendiri banyak sekali penyebabnya antara lain gigitan serangga dan terkena bahan tertentu. Zat yang terkandung di dalam daun ini bisa menetralkan rasa gatal tersebut, Karena bersifat anti bakteri

4. Bisa sebagai pencegah penyakit jantung

Dengan zat etanolik tersebut sangat berguna untuk menghancurkan dan menghilangkan plak pada saluran pembuluh jantung sehingga bisa memperlancar sirkulasi darah pada jantung.

5. Sebagai anti malaria

Kita pasti mengenal penyakit yang satu ini, iya penyakit yang sangat berbahaya yang ditularkan melalui nyamuk malaria. Senyawa etanolik bisa menolak datangnya atau gigitan nyamuk. Dengan cara menggosokan pasta dari daun sambiloto ini.

6. Bisa mengobati diare

Diare sendiri sebenarnya penyakit yang disebabkan oleh kuman bakteria. Dengan zat yang terkandung dari daun sambiloto ini tentunya bisa membunuh kuman tersebut dan menghentikan terjadinya diare.

7. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh
8. Dapat digunakan untuk pengobatan sakit gigi
9. Berguna untuk mengobati sakit perut.
10. Sebagai obat anti inflamasi yaitu mempercepatdalam proses pengeringan luka
11. Bisa digunakan untuk menurunkan panas.
12. Bisa mengobati radang usus buntu
13. Baik digunakan sebagai penawar racun
14. Bisa mengobati radang pada ginjal
15. Bisa mengatasi disentri dll

Diatas merupakan sedikit dari khasiat tanaman ini. untuk pengobatanya sendiri terdiri dari dua macam yaitu pengobatan luar dan pengobatan dalam.

Pengobatan luar

Dengan cara ambil beberapa lembar daun sambiloto cuci bersih lalu tumbuk sampai halus bisa langsung di oleskan terhadap yang sakit.

Pengobatan dalam

Dengan cara merebus secukupnya daun sambiloto ini laluminum secukupnya air rebusan ini.

Adapun efek samping dari penggunaan dambiloto adalah muntah muntah dalam dosis tertentu, pusing kepala,dll

Untuk manfaat dan kegunaan lebih lanjut bisa di konsultasikan kepada ahli pengobatan tradisional yang sangat faham mengenai khasiatnya.
 

No comments:

Post a Comment